Selasa, 15 Agustus 2017

I am a Writer


Penulis bernama asli Dian Novianti yang lebih dikenal dengan nama pena Dheean Reean. Selain penulis, berprofesi pula sebagai dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).

Aktif di sosial media dengan akun: Facebook: dheean.reean. Blog: dearrian2001.blogspot.com & Happymom.blogspot.com. Instagram Dheean Reean.

Mulai terjun di dunia penulisan sejak tahun 1993 – 1997 dan kembali aktif menulis sejak tahun 2015. Selama aktif menulis, sudah ‘menelurkan’  48 karya berupa cerpen pendek bersegmen remaja yang dimuat di media Kawanku, Anita Cemerlang, Ceria Remaja dan majalah GADIS.

Tahun 1995 saya pernah memenangkan Lomba Penulisan Cerpen yang diadakan Majalah Anita Cemerlang yang berjudul : “Hidup Penuh Warna”.

Sudah menghasilkan sebuah novel berjudul “Bintang Kecil di Langit Biru” dan 4 (empat) buah Buku Kumpulan Cerpen Remaja dan Wanita Urban dan sebuah novel kolaborasi terbitan Elexmedia berjudul “Eternal Flame”.

Karya terbarunya berupa novel romantis yang berjudul: “A Heart’s Journey” dan Buku Kumpulan Cerpen Wanita: “Sepotong Kenangan”. Terakhir adalah Buku Kumpulan Puisi berjudul “KAU” yang terbit bulan September 2016.

Karya terbaru berupa sebuah novel romantis yang ditulis bersama puluhan penulis keren, novel kolaborasi tentang sebuah persahabatan dalam secangkir kopi, buku antologi Tentang Hujan dan buku kumpulan cerpen dengan tema "Good Mother".






AKTIVITAS DALAM DUNIA PENULISAN

Saya mulai terjun di dunia penulisan sejak tahun 1993 – 1997 dan kemudian vakum karena kesibukan kerja. Sejak tahun 2014, saya ingin kembali ‘mengasah’ kemampuan menulis saya. Saat ini buku saya yang sudah terbit adalah 2 buku bahan ajar kuliah yaitu: Analisa & Perancangan Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur dan Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Untuk buku fiksi sudah menerbitkan 1 novel dan 4 (empat) buah Buku Kumpulan Cerpen.
Selama saya aktif menulis, saya sudah ‘menelurkan’  48 karya. Tahun 1995 saya pernah memenangkan Lomba Penulisan Cerpen yang diadakan Majalah Anita Cemerlang yang berjudul : “Hidup Penuh Warna”.
Saat ini saya sedang menulis novel solo dan novel berantai dengan beberapa penulis wanita juga menjadi kontributor pada buku Kumcer bertema romantis yang diikuti 78 penulis wanita. Dan juga sebuah novel terbitan Elexmedia bersama 4 teman penulis wanita yang berjudul: Eternal Flame yang masih proses penerbitan.

      Komunitas Penulisan yang pernah saya ikuti adalah pada tahun 2013 yaitu “Ibu-Ibu Doyan Nulis” dimana merupakan komunitas ibu-ibu yang suka menulis dan berkarya dalam dunia menulis dan tahun 2013 saya mengikuti komunitas “Menulis Keren” mengenai komunitas penulisan cerpen koran dan cerpen majalag dan tahun 2014 saya mengikuti WOMEN SCRIPT COMMUNITY dan bertugas sebagai admin yang menangani program Writers To Writers yang membahas mengenai konstribusi tulisan member WSC yang akan dibahas bersama dalam forum.
Akhir tahun 2014, saya mencoba membuat kumpulan cerpen saya yang pernah dimuat di beberapa media massa melalui penerbitan indie dan dilanjutkan novel yang saya tulis hanya dalam waktu satu bulan karena mengejar promo yang ditawarkan penerbitan itu. Not bad, walau novel saya lumayan sederhana ceritanya tapi yang penting saya memiliki keberanian untuk memcoba menulis 200 halaman dalam waktu 30 hari, keren kan? Hehe, muji diri sendiri aja! Dan Alhamdulillah, responnya cukup baik karena ada juga yang bersedia membeli buku-buku saya yang akhirnya bisa menutupi biaya produksinya.
Awal tahun 2015, dan keajaiban itu datang berturut-turut ketika saya dinyatakan ‘lulus’ untuk mengikuti sebuah pelatihan penulisan novel romantis yang diadakan sebuah penerbit mayor, Elex Media. Dan Alhamdulillah, pengajuan outline novel kelompok saya lulus dan kami berhak untuk mewujudkan outline tersebut dalam bentuk novel romantis. Saya juga mengikuti analogi buku dengan tema cerita romantis di bulan November.

******

0 komentar:

Posting Komentar