Selasa, 24 Juni 2014

Sahabat-Sahabat

 

Irgi

Aku melihat Adelia melintasi taman dan berjalan menuju pintu gerbang. Kepalanya menunduk, seakan menghitung langkah kakinya. Sudah lama aku tidak melihatnya ngumpul bareng dengan anak-anak. Mungkin karena dia sibuk dengan kegiatan magangnya di sebuah majalah remaja.
       Aku selalu memperhatikannya diam-diam. Adel yang aku lihat kini seperti bukan Adel yang aku kenal selama ini. Adel yang kukenal adalah gadis yang periang, smart, care dengan siapa saja, low profile. Tapi kini dia berubah menjadi pemurung, pendiam, acuh tak acuh dan moody. Kadang-kadang keliatan happy. Di lain waktu begitu murung. Sepertinya dia tengah menyimpan sebuah masalah. Aku berharap bukan masalah yang cukup berat. Walau aku yakin, seberat apa pun masalahnya, Adel pasti bisa mengatasinya.
       Hampir tiga tahun aku mengenalnya sebagai teman yang baik. Aku, Adel, Irma, Desi, Dipa dan Aji sekelas ketika kelas satu. Kini di kelas tiga, hanya aku dan Aji yang sekelas di kelas IPA satu sedangkan Adel dan Dipa di kelas IPA dua, Desi dan Irma di kelas IPA tiga. Walau begitu persahabatan kami tidak pernah putus. Kami masih suka jalan dan ngumpul bareng.
       Bergegas aku menyusul Adel.
       “Deeel!” teriakku dengan semangat ’45. Adel menoleh ragu-ragu. Setelah melihat, dia menunggu sampai aku datang mendekat.
       “Del, elo mo kemana?” aku lihat sepasang mata beningnya berkaca-kaca. Dadaku bergetar hebat. Aku paling tidak suka melihat dia sedih, apalagi sampai menangis! Pasti ada masalah berat yang sedang menimpanya.
       “Gue mo pulang,” jawabnya pendek.
       “Del, elo kenapa?” aku pandangi wajahnya yang putih, yang dihiasi dengan sepasang kacamata berbentuk oval dengan frame hitam metalik. Adel menunduk. Pandangannya tertuju pada sepatu ketsnya yang berwarna biru tua.
       “Gue gak pa-pa kok,” jawabnya enggan. Aku garuk rambutku  yang tidak gatal. Huh, betapa sulitnya menghadapi perempuan. Apalagi perempuan yang paling kusayangi. Benarkah begitu, Irgi? tanya batinku ragu.
       “Bener, elo gak pa-pa?” aku angkat wajah cantiknya. Pandanganku tertuju pada sepasang mata beningnya lagi. Mencoba mencari kejujuran di sana. Aku merasa dia menyimpan sesuatu.
       “Ya udah deh, kalo lo gak ada apa-apa. Gue latihan basket dulu, yah!” Adel hanya mengangguk. Aku menuju lapangan basket. Pikiranku masih tertuju pada Adel. Ada apa yah? Aku mencoba berpikir keras. Apa dia punya masalah dengan keluarganya, anak-anak yang lain atau…cowok?
       Ketika aku menoleh, sosok Adel sudah menghilang. Kuhela nafas berat.

 

Desi

Siang ini aku pulang sekolah bareng Adel. Sebelum pulang, aku ajak dulu ke Café Dixy yang letaknya tidak jauh dari sekolah. Sudah lama kami tidak nongkrong di sana. Entah kemana anak-anak yang lain. Tadi aku ingin mengajak yang lain, tapi hanya ada Adelia.
       Aku melirik Adel. Akhir-akhir ini Adel jadi pendiam, wajahnya selalu terlihat murung, dia jadi moody begitu. Padahal apa sih yang kurang dalam hidupnya? Bakat menulisnya begitu mengagumkan. Dia kini sedang magang di sebuah majalah remaja, siapa tahu nanti dia jadi penulis freelance di majalah remaja tersebut. Dia sudah bisa nyari uang sendiri dari honor yang dia terima kalau tulisannya dimuat di media massa.  Atau jangan-jangan dia punya masalah dengan…cowok?
       “Elo mau pesan apa?” tanyaku begitu kami sudah sampai tempat favorit kami. Tempat duduk di sudut café, dekat jendela.
       “Gue cappucino sama muffin rasa keju,” jawab Adelia dengan pandangan tertuju pada desain interior café yang simpel tapi cozy itu.
       “Elo gak mo makan?” tanyaku begitu seorang pelayan café menyodorkan list menu café dengan desain yang unik.
       “Gue gak laper,” jawabnya pelan. “Oke, Mbak, saya pesan steak dengan kentang goreng, salad dan teh botol. Gak pake lama yah, Mbak?” aku mencoba membuat suasana menjadi ceria.
       “Elo gak berubah juga, Des. Tetep aja semangat dengan yang namanya makan. Katanya mo diet,” Adelia mulai terlihat tersenyum. Syukurlah, aku telah membuatnya sedikit hepi.
       “Ngapain sih hidup dibuat susah? Elo kan tau sendiri, Del, hidup ini udah susah, jadi jangan dibikin ribet. Bikin pusing tau!” aku sudah menikmati salad dengan topping saus thousand island kesukaanku.
       Adelia terdiam. Dia mengambil seiris kentang goreng dari piringku, kemudian dicocolnya ke saus. Dia memakan kentang itu dengan pandangan keluar jendela.
       “Elo mo gue pesanin kentang goreng atau steak?” aku sudah asyik mengiris-iris daging steak yang gendut itu. Kucocol irisan steak itu ke saus berwarna putih yang rasanya enaaak banget! Hmm, nyam-nyam-nyam!
       “Gak ah, gue lagi males makan,” jawab Adel tak bersemangat.
       “Ih, nanti badan elo tambah mungil lagi. Elo kenapa sih, Del? Lagi punya masalah? Sama siapa? Pasti sama Irgi yah? Kalian berdua tuh kayak anjing dan kucing, kalo ketemu pasti berantem,” kataku sok tahu.
       “Gue sama Irgi baik-baik aja kok. Lagian gue jarang ketemu sama dia. Dia sibuk terus sama latihan basketnya.”
       “Sama kayak elo, sibuk terus ama kegiatan elo. Sampe gue dicuekin. Gue heran deh, punya temen geng tapi berasa gak punya temen. Irma lagi asyik sama Aji. Mereka jadian aja gue gak tau. Mana gak pake acara makan-makan lagi. Dasar! Dipa gak tau lagi sibuk apa. Kalo gue ajak jalan, ada aja alasannya. Males-lah, capek-lah, ih ngeselin gak sih?”
       “Des, makannya bisa cepetan dikit gak? Kepala gue kok mendadak pusing sih?”
       Aku lihat Adelia menghabiskan minumannya. Sedangkan sepotong muffin itu cuma dicuilnya sedikit. Daripada mubazir, kuembat juga kuenya. Adelia hanya geleng kepala melihat kelakuanku.
       “Biar gue yang bayar, Des,” dia sudah mengambil dompet kulitnya yang berwarna coklat dengan aksen huruf G itu.
       “Wah, bener-bener rejeki gue hari ini. Entar pulangnya gue  anterin, Del!”
            Thank’s!” Adel hanya tersenyum. Sedikit. Duh, aku jadi pusing mikirin anak itu! Mudah-mudahan Adelia baik-baik saja. Ih, kok jadi mirip lagu ‘Ratu’ yah?

Aji

Istirahat Irgi ngajakin makan mie ayam di kantin. Aku hanya memesan es teh manis dan gado-gado.

       Tumben. Biasanya kalo istirahat dia lebih suka nongkrong di lapangan basket. Tadi Irma ngirim SMS, kalo istirahat ini dia mau ke perpustakaan, nyari bahan buat tugas laporan magangnya. Syukurlah, aku bisa ngegosip bareng Irgi.

       Tumben siang ini muka Irgi serius banget. Mana makan mie ayamnya cepet banget lagi! Wah, jangan-jangan mangkuknya bakal kemakan juga, hehehe. Selesai makan, dia curhat tentang…Adelia!

       “Gue kasian ama Adel, Ji. Akhir-akhir ini dia keliatan murung. Gue ngerasa ada sesuatu yang menimpanya. Tapi anehnya kenapa dia gak cerita sih? Kita kan udah deket, masak sih dia gak percaya kalo kita bisa bantuin dia?”

       Aku terdiam dengan kata-kata Irgi barusan. Adelia. Kenapa aku melupakan sosok yang satu itu yah? Kapan terakhir aku jalan sama dia? Yap, di acara ultah Desi di Dufan enam bulan yang lalu. Ketika aku mulai  mendekati Irma. Duh, kenapa aku setega itu yah? Di depan matanya sendiri, aku dan Irma bergandengan tangan dengan mesra. Tapi Adel seperti tidak peduli. Dia seperti melupakan kisah cinta kami yang ‘tersembunyi’ itu begitu saja. Jadi siapa yang salah, kalau aku sengaja ‘memamerkan’ kemesraanku dengan Irma di depannya?            

       “Ji, elo denger kata-kata gue gak?” Irgi memutuskan lamunanku tentang Adel. “Denger,” kataku asal aja seraya meneguk minumanku.
       “Gue pengen elo bantuin gue untuk deketin dia, Ji!”
       “What?” minumanku tersedak di tenggorokan. “Dia siapa, Gi?”
       “Yah, Adelia-lah! Siapa lagi? Wah, bokis loe, loe gak dengerin kata-kata gue!” Irgi menonjok dadaku keras. Sakit! Tapi bukan dadaku, melainkan hatiku yang tak rela Adelia jatuh ke pelukan Irgi. Apakah ini berarti aku masih mencintainya?

 

Irma

Tidak sengaja aku bertemu dengan Adel di perpustakaan. Dia kelihatan sibuk dengan buku-buku referensi untuk tugas biologi-nya. Aku menyapanya. Dia kelihatan ingin menghindar. Kukatakan bahwa aku ingin berbicara dengannya.

          “Ada apa, Ma?” tanyanya to the point. “Besok, Aji ultah. Gue pengen ngasih kejutan buat dia. Kita kerjain dia di café Dixy, yuk!”

          “Wah, kayaknya gue gak bisa, Ma. Ada rapat redaksi. Sori, yah!”

          “Bener gak bisa, apa elo sengaja menghindar dari gue sama Aji?’ kali ini aku yang to the point. Wajahnya terlihat memucat.

          “Del, sori yah, kalo gue nanya langsung sama elo! Bukan maksud gue bikin elo sedih. Tapi sebagai wanita, gue gak pengen nyakitin hati sahabatnya sendiri. Feeling gue berkata kalo sebelom gue ‘jadian’ sama Aji, kalian udah pernah ‘jadian’. Hubungan ini kalian rahasia kan? Hanya gara-gara ide yang dicetuskan Desi kalo sesama geng tidak boleh ada yang pacaran. Tapi perasaan kan gak bisa dipaksakan. Kalian jatuh cinta, lalu pacaran secara backstreet. Lalu putus, dan Aji mulai deketin gue…”

          “Ya, elo sengaja kan deketin dia supaya buat gue menderita? Kalian memang pasangan yang hebat!” Adelia membanting buku-buku itu dan pergi meninggalkanku begitu saja.

          Aku hanya bisa terpaku. 

 

Desi

Heran deh katanya anak-anak disuruh ngumpul di café Dixy buat ngasih kejutan ke Aji. Tapi Irma yang punya acara ini, malah nggak kelihatan batang hidungnya. Aji sendiri sibuk nanyain Adelia yang juga nggak datang siang ini. Kok bukan nanyain Irma sih?

          Waduh, ada apa sih?

          Irgi sendiri kayak orang linglung. Kerjaannya ngelamun terus. Ngelamunin siapa sih? Jangan-jangan Adel lagi! Beberapa hari yang lalu, Irgi sempet curhat tentang perasaannya terhadap Adel. Perasaan itu udah lama dipendamnya tapi gara-gara ide yang pernah aku buat tentang larangan pacaran diantara kami, buat Irgi nggak berani menyatakan perasaannya terhadap Adel. Tapi larangan itu kan udah aku cabut. Buktinya Aji dan Irma udah lama ‘jadian’.

          “Udah, pada pesen makan duluan gih, paling Irma telat datang,” Aji memutuskan kesunyian diantara kami.

          “Paling juga lagi sibuk cari kado. Gue pesen makanan duluan yah, laper nih! Gi, loe mo makan apa?”

          “Nas-gor dengan lemon-tea,” jawab Irgi tak bersemangat. Dipa sendiri sudah tidak sabar memesan spaghetti dengan coca cola.

          “Elo, Ji?” aku menoleh pada Aji. “Apa kita gak nungguin Adel dulu…”

          “Maksud elo, Adel sama Irma?” Irgi memotong kata-kata Aji dengan nada agak sewot.

          Waduh, ada apa sih? Kok, kayak mau ada perang sih! Wah, suasananya kok jadi gak enak kayak gini sih? Adel sama Irma kemana sih? Aku SMS aja deh!

          Adelia gak bisa datang. Ada rapat redaksi katanya. Hp-nya Irma mati, nggak bisa dihubungi. Jadilah siang itu hanya diisi makan siang bersama. Seperti biasa aku menikmati steak dan salad kesukaanku, Irgi setengah hati melahap nasi gorengnya dan Aji yang vegetarian sejati hanya memesan kentang goreng dan milkshake coklat. Dipa sendiri cuek bebek saja dengan suasana ‘dingin’ siang ini.     

          Sampai acara makan siang bersama itu usai, Irma tidak datang! Aku dan Dipa nebeng Irgi yang dijemput siang itu. Aji masih ingin di café, tangannya sibuk mengirim SMS. Aku sempat meliriknya. Ada nama Adel. Tak sengaja pandanganku bertemu dengan Irgi. Wajah cowok berkulit putih itu berubah. Seperti tidak suka dengan apa yang dikerjakan Aji.


Irgi

Siang ini aku terburu-buru ke ruangan olah raga. Ada rapat internal. Katanya Pak Gun memiliki informasi penting yang akan dibagikan ke anak-anak basket.

          Supaya cepat, aku melewati taman belakang. Tak kusangka, aku bertemu Adel dengan Aji di sana. Mereka sedang bertengkar! Hati-hati aku berjalan ke arah mereka dan bersembunyi di belakang pohon akasia. Aji mengungkit-ungkit sesuatu. Hatiku menjadi tidak tenang ketika kudengar Aji mengungkit hubungannya dengan Adel. Aku tidak menyangka bahwa mereka pernah berpacaran!

          Aji sepertinya ingin balik lagi dengan Adel. Tapi gadis itu menolak. Adel tidak ingin Irma pernah merasakan sakit hati seperti dirinya. Tapi Aji terus memaksa membuat Adel marah. Refleks, aku menarik kemeja Aji. Aji kaget, wajahnya langsung berubah melihatku. Dia tidak menyangka aku ada di sini.

          “Mau apa loe, Gi? Mau sok jagoan loe di depan Adel? Biar Adel tau elo suka ama dia, gitu?” kata-kata sinisnya membuat emosiku naik. Apalagi dia sudah menyinggung soal perasaanku terhadap Adel. Sebelum aku melayangkan tinjuan, Desi datang bersama Dipa dan Irma. Dia ‘mengangkut’ kami semua ke café Dixy dengan Starlet merahnya.

 

Desi

Sampai di café Dixy, aku langsung memesan enam gelas lemon tea dingin. Minuman itu cepat tersaji dan dapat segera ‘mendinginkan’ suasana. Semua diam membisu. Kulihat Irma berusaha menghindar dari Aji. Ugh, dasar buaya darat juga si Aji! Hihihi, kayak lagu ‘Ratu’ lagi sih?

            Kasihan Adel, berarti selama ini dia menderita dengan tingkah Aji itu. Aku tidak bisa menyalahkan Irma, toh selama ini dia tidak tahu bahwa Adel dan Aji pernah menjalin suatu hubungan spesial. Aku tidak tahu apa yang menyebabkan hubungan mereka putus di tengah jalan. Aku hanya bisa mengira, mungkin Aji tidak suka dengan keaktifan Adel dengan kegiatan tulis-menulisnya. Sirik kali Aji kalau Adel lebih ngetop dari dia! 

          Tumben kali ini Adel dan Irgi berusaha menjaga jarak. Biasanya mereka berdekatan dan saling menyela. Namun kali ini, seperti ada yang tengah mereka sembunyikan. Entah apa.

          Sementara Dipa cuek bebek saja, seperti tidak merasakan apa-apa. Aku hanya tersenyum dan menggeleng-geleng kepala melihat tingkah polah mereka.

Namun biar begitu, mereka tetap sahabat-sahabatku. Aku hanya berharap Aji menyadari kesalahannya. Bisa jadi, Irma tidak akan lagi melanjutkan hubungan dengannya. Aku berdoa semoga Irgi berani mengungkapkan isi hatinya kepada Adel. Kalau perlu aku akan membantunya. Sebagai menebus rasa bersalahku gara-gara ikrar sialan itu yang membuat segalanya menjadi berantakan!

Tak sengaja aku melihat pandangan Adel dan Irgi bertemu. Wajah mereka seketika memerah. Kompak! Aku tersenyum melihat tingkah mereka berdua. Bahagia. Sebahagia aku memiliki mereka. Sahabat-sahabatku.

*****

0 komentar:

Posting Komentar